Pakan Alternatif Full GIZI Pengganti Kroto

kroto semut rangrang
Kroto Semut Rangrang
Pada kehidupannya di alam liar, sebenernya kroto bukanlah makanan utama bagi burung Murai Batu. Selama ini kroto sangat diprioritaskan pemberiannya pada Burung Murai Batu. Kroto merupakan salah satu makanan segar untuk pemacu agar burung Murai Batu rajin berkicau.

Saat ini kroto bisa didapatkan di pasaran dengan harga yang terus meningkat dan pada saat tertentu terkadang ketersediaannya sangat sulit didapatkan, sehingga perlu dipertimbangkan pakan alternatif pengganti kroto. Pakan alternatif tersebut adalah :

1. Jangkrik full Tahu sebagai asupan bergizi tinggi untuk burung murai batu

Jangkrik adalah pakan yang sudah menjadi pakan wajib bagi Murai Batu. Tetapi yang paling utama adalah bagaimana cara menyajikan jangkrik yang penuh dengan asupan gizi, sehingga jangkrik yang dimakan burung murai batu bukanlah jangkrik dengan perut kosong atau jangkrik kopong atau dengan kata lain, "KITA MEMBERI MAKAN JANGKRIK DENGAN TAHU TERLEBIH DAHULU SEBELUM MENJADI PAKAN MURAI BATU".

Tahu sendiri terbuat dari bahan dasar kedelai yang tentu kandungan Vitamin E nya yang tinggi. Cara ini praktis walaupun agak repot, caranya adalah sebagai berikut:
Tahu Pakan Alternatif Full GIZI Pengganti Kroto
Tahu Pakan Alternatif Full GIZI Pengganti Kroto
  • Beli tahu putih, untuk 1 karung jangkrik cukup 2 plastik tahu, taruh di baskom plastik lalu remas remas (biar asik, bayangin susune JUPE alias Julia Penyok pas ngremas2 tahu itu kekekekekek).
  • Taruh tahu di nampan atau di media yang lebar, bebas pokoke, gelar tipis dan jemur dimatahari untuk menghilangkan kadar air.
  • Setekah 4 jam, taruh kembali tahu tersebut di baskom dan beri tambahan Vitamin E .... remas remas lagi tentunya n vitaminnya bisa testomin atau vitamin infertilitas atau vitamin yang lain lah n jangan lupa kasih garam untuk tambahan vitamin D dan biar gurih tentunya heheheheheheh).
  • Gelar lagi di nampan dan angin anginkan n jangan dijemur di tempat panas biar kandungan vitamine ga ilang.
  • Sorenya taruh di piring kecil dan sajikan di baskom jangkrik kandang murai kita or di kotakan jangrik.
  • Tes aja paginya, Jangrik2 tersebut dah pada makan n perutnya penuh Tahu yang Full GIZI. 
Kesimpulannya ga usah takut berinovasi pren, ga makan kroto murai juga ga mati kok. SAY NO TO KROTO hehehehehehehehe
Think Bird ...... Think BLACK

Sumber : Tony Alamsyah alias Bajak Laut di omkicau

2. Telur Bebek atau Telur Ayam

Telur bebek Pakan Alternatif Full GIZI Pengganti Kroto
Telur bebek Pakan Alternatif Full GIZI Pengganti Kroto
Telur bisa menjadi pakan alternatif bagi Murai Batu di saat kroto langka di pasaran.
Cara  membuat telur pengganti kroto adalah sebagai berikut :
  • 2 butir telur putihnya, 1 butir telur kuningnya  masukan ke plastik bening lalu kocok asal saja biar  tidak menjadi ngembang. 
  • Lalu rebus/kukus sampai masak dan setelah dingin potong-potong sebesar  ibu jari kita, lalu parut sama parut keju. 
  • Telur ini yakin dibutuhkan sama  peternak Murai Batu karena trotolan makannya lahap sama lahapnya dengan makan  kroto aslinya. Istimewanya pakan telur ini adalah, pada trotolan Murai Batu yang makan telur ini beraknya tidak mencret seperti makan kroto aslinya. Insya Alloh efek positipnya bagus tanpa ada efek negatipnya. 
  • Untuk Murai Batu dewasa, agar mau makan siasati dengan cara : pakan waktu sore dikosongkan. Pagi sampai dengan tengah hari kasih telur itu, kalau ada kroto kasih sedikit saja di atasnya untuk pancingan. 
Selamat mencoba  semoga bermangfaat untuk yg membutuhkannya...

Sumber : Om Bobby MBI