Kicau Murai Batu Nembak

kicau murai batu nembak
kicau murai batu nembak
Kicau murai batu nembak, penuh dengan isian dengan karakter suara nembak-nembak seperti suara burung cililin, burung gereja, cucak jenggot, lovebird dan lainnya adalah dambaan para kicaumania yang memiliki momongan burung murai batu. Kicauan murai batu seperti ini akan terdengar lebih dominan di lapangan ketika lomba, sehingga diharapkan dapat menarik perhatian para juri lomba.

Agar bunyi murai batu kaya dengan isian seperti itu tentunya harus dilakukan pemasteran. Pemasteran bisa dilakukan dengan memelihara burung cililin, burung cucak jenggot, lovebird dan burung master lainnya sebagai dempetan atau pengisi.

Cara pemasteran lain adalah dengan cara pemasteran digital dengan menggunakan perangkat elektronik pemutar lagu bahkan dengan telpon genggam dan menyalakan suara burung isian dekat dengan murai batu pada saat tertentu. Cara ini adalah cara paling irit dan paling efektif menurut saya, karena pemasteran dapat dilakukan kapan saja, sehingga bisa dikondisikan secara berkala, terus menerus dan yang paling penting adalah dapat dilakukan pada saat yang pas waktunya untuk burung murai batu. Misalnya pada malam hari ketika burung murai batu sedang dalam kondisi tenang dan istirahat. Burung asli kan tidak bisa kita suruh bunyi pada waktu yang kita mau. he he he...

Saya sendiri termasuk yang memakai cara pemasteran digital. Rekaman suara burung isian saya dapatkan dengan membeli produk smart mastering miliknya om Irvan Sadewa. Karena untuk merekam sendiri suara burung isian rasanya tidak mungkin, download suara burung isian dari internet pun rasanya tidak ada waktu untuk mencarinya. Selain harganya terjangkau, produk smart mastering ini sudah memiliki testimoni bagus dan banyak yang membuktikannya, dan yang paling penting adalah om Irvan Sadewa menurut saya adalah ahlinya, terbukti walaupun saya melihat dan mengenal hanya di facebook dan group.

Ada alasan lain kenapa saya percaya bahwa pemasteran digital akan berhasil menghasilkan bunyi murai batu dengan suara isian yang kita inginkan, diantaranya adalah :
  • Suara burung murai medan milik saya memiliki isian suara mainan pistol-pistolan anak-anak. Mungkin pemilik sebelumnya punya anak kecil yang sering menyalakan mainan ini dekat dengan murai batu. Saya pikir apalagi kalau diisi suara burung isian terus menerus? 
  • Metoda pemasteran ala om Irvan Sadewa menurut saya menganut teknik Brainwave Entrainment. Salah satunya karena menyertakan rekaman brainwash untuk burung pada produknya. Metoda ini banyak digunakan pada manusia untuk teknik pengobatan relaksasi, meditasi, mengatasi stress dan lainnya.
Walaupun bukan di lapangan lomba, suatu kenikmatan tersendiri mendengarkan kicau murai batu nembak nembak di pagi hari. Karena saya belum sempat merekam kicauan murai batu milik saya, berikut ini adalah rekaman kicau murai batu nembak milik om Priya.


Demikian tulisan saya kali ini, salam kicau murai batu!. semoga bermanfaat.
Untuk om Irvan mohon maaf namanya saya bawa-bawa om, hehehe....